Pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan peserta didik di satuan pendidikan menengah.


TUGAS 2
SELASA,20 MARET 2O18
Nama: Taufikurahman
Nim: E1bo17065
Alamat email: taufikurahman378@gmail.com
Alamat blog:Taufik174.blogspot.com
No.HP: 082359288076




Pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan peserta didik di satuan pendidikan menengah.



A.  Pengertian perkembangan peserta didik
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.



B.  Prinsip-prinsip perkembangan peserta didik
– Perkembangan proses yang tidak pernah berhenti
– Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
– Perkembangan mengikuti pola dan arah tertentu
– Perkembangan terjadi dalam tempo berlainan
– Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
– Setiap individu yang normal mengalami fase perkembangan



C.  Pendekatan yang sesuai dengan perkembanagan peserta didik
·      Pendekatan Individual
Pendekatan individual merupakan pendekatan langsung dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan kasus anak didiknya tersebut.
·      Pendekatan Kelompo
Dengan pendekatan kelompok, diharapkan dapat ditumbuh kembangkan rasa sosial yang tinggi pada diri setiap anak didik. Mereka dibinauntuk mengendalikan rasa egois yang ada dalam diri mereka masing-masing, sehingga terbina sikap kesetiakawanan sosial dikelas.
·      Pendekatan Bervariasi
Permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik bervariasi, maka pendekatan yang digunakan pun akan lebih tepat dengan pendekatan bervariasi pula.
·      Pendekatan Edukatif
Apapun yang guru lakukan dalam pendidikan dan pengajaran dengan tujuan untuk mendidik, bukan karena motif-motif lain, seperti karena dendam, karena gengsi, karena ingin ditakuti dan sebagainya.
·       Pendekatan Keagamaan
Guru harus menguasai ajaran-ajaran agama yang sesuai dengan mata pelajaran yang dipegang.
·      Pendekatan Kebermaknaan
Pendekatan kebermaknaan adalah pendekatan yang memasukkan unsur-unsur terpenting yaitu pada bahasa dan makna.
·      Pendekatan Deduktif
Pendekatan deduktif ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran.
·      Pendekatan Induktif
Ciri uatama pendekatan induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan data untuk membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian.
·      (Student-centred learning)
Dalam pendekatan SCL, pembelajar memiliki tanggung jawab penuh atas kegiatan belajarnya, terutama dalam bentuk keterlibatan aktif dan partisipasi siswa
·      Pembelajaran aktif (Active Learning)
Pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan pengajar
·      Pendekatan Konstruktivisme
Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya siswa membangaun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. 
·      Creative Learning
Pembelajaran kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan, mengimajinasikan, melakukan inovasi, dan melakukan hal-hal yang artistik lainnya.
·       Problem Solving
Merupakan pendekatan yang mengarahkan atau melatih anak didik untuk mampu memecahkan masalah dalam bidang ilmu atau bidang studi yang dipelajari.



D.  Tahap perkembangan peserta didik
masa remaja masih merupakan masa belajar di sekolah, umumnya mereka masih belajar di Sekolah Menengah Pertama, Menengah Atas
1.                  Fase remaja awal dalam rentang usia 12–15 tahun,(SMP)  
2.                  Fase remaja madya dalam rentang usia 15–18 tahun,(SMA)

·   Tahap perkembangan peserta didik / siswa Secara Fisik
terkait  dengan  perubahan  hormonal dan perubahan  tubuh.  Perubahan  ini  lebih awal pada perempuan  dari pada  laki-laki. Seperti tumbuh tinggi dengan cepat,dan tumbuhnya rambut di area-area tertentu.Faktor  menyebabkan pertumbuhan  kumis  pada  remaja  laki-laki dan  melebarnya  pinggul pada  anak-anak perempuan adalah banjirnya  hormon,
·   Tahap perkembangan peserta didik / siswa dilihat dari Perkembangan  Sosial dan Emosional
Perilaku sebagian ciri pubertas ini ditunjukkan dalam sikap, perasaan,  keinginan dan perbuatan–perbuatan. Sikap pubertas yang paling menonjol antara lain adalah sikap tidak tenang dan tidak menentu, hal yang dahulu menarik sekarang tidak lagi; adanya penentangan terhadap orang lain, pertentangan tertuju pada orang dewasa atau orang yang lebih berkuasa; adanya sikap negatif yaitu kurang hati-hati, gemar membicarakan orang lian, cepat tersinggung, mudah curiga dan sebagainya.
·         Tahap perkembangan peserta didik / siswa dilihat dari Perkembangan  Kogniti
Perkembangan  kognitif  terkait dengan  bagaimana  cara  remaja  berpikir. Pemikiran  remaja  semakin abstrak, logis dan idealistik; lebih  mampu  menguji  pemikiran diri sendiri, pemikiran orang lain, dan  apa yang orang  lain pikirkan tentang  diri mereka dan cenderung  menginterpretasikan   dan  memantau  dunia sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA/SMK)

TAHAP TAHAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI USIA SEKOLAH MENENGAH (SMP/MTS)